Minggu, 29 November 2015

Cara Membuat Judul Cerpen Yang Paling Unik

Cara Nembak Cewek - Seandainya kawan-kawan mem-follow-nya, pastinya telah hafal. Hri Jum’at yakni hri yang senantiasa kutunggu. Karena beberapa hal baru yang saya temukan dari Kak Donna berkaitan tulis-menulis. Pengetahuanku serta bertambah. Tidak usah berlama-lama lagi, berikut yaitu tip menciptakan judul yang memukau yang sudah kurangkum jadi 5 tip :


1. Salah satu kiat menciptakan judul yang catchy menurut Kak Donna merupakan menggabungkan 2 kata atau lebih jadi satu sampai terbentuk kata baru yang unik dan menciptakan penasaran.
Sampel : #Belanglicious (belang+delicious), QueryPita (Querido+Puspitasari), Kintaholic (Kinta+holic).
Judul-judulnya acak saja. Sample : BELMUTU (Menuntut Ilmu Melakukan Pencurian KUTU), Matalidi (MATi, Saya Perhatikan Ia).

2. Kiat yang lain yaitu plesetkan sesuatu yang ngetop jadi judul yang ok.

3. Tip ke-3 dari Kak Donna yakni dalam pilih kata kunci buat karyamu, sanggup gunakan bahasa asing. Kadang bila terdengar eksotis, malah bikin penasaran.

4. Tip berikutnya, judul yang menarik perhatian dapat juga diciptakan dari memadukan sekian banyak perihal dengan cara acak.
Sampel judul seperti ini : “Persamaan Antara Hantu dan Sepatu”, “Kaki Kaca Berbalut Sutra”.

5. dan trik yang lain dalam mencari judul yang catchy : merubah frasa/kalimat klise jadi elemen berlainan.
Sample : ada gula ada semut, ditukar dengan Ada Gula, Ada Jeruk Purut.

Latihan posting judul : beri twist kepada frasa/ungkapan/peribahasa biar terasa segar dan bikin penasaran.
Mampu pun mengubah Cinderella (cinder–abu) menjadi Silverella. Berikan twist terhadap kata yang biasa terdengar. Dicoba ya kawan-kawan.

Syarat judul yang ok menurut Kak Donna adalah gampang diingat, catchy, dan bikin penasaran. dan kadang ada bagusnya minta masukan writing buddy biar bakal judul yang ok.

Referensi : http://www.berkonten.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar