Jumat, 15 Januari 2016

Ternyata Usaha Sapi Perah Lebih Menguntungkan Dari Usaha Sapi Potong

Sapi Terbesar - Bisnis ternak sapi perah lebih menguntungkan dari pada ternak sapi potong, karena pendapatannya diterima setiap hari, kata Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Prof. Muladno.

Muladno juga telah mengatakan prospek bisnis sapi perah lebih menarik dibandingkan dengan usaha sapi potong, karena pendapatannya harian, sedangkan pendapatan sapi potong menunggu sampai empat bulan.


“Hasilnya lebih menarik sapi perah, tapi cara merawatnya harus disiplin,” kata pejabat itu disela-sela acara Fonterra Dairy Scholarship Reunion di Lembang, Jabar, Selasa (12/1/2016).

Perawatan untuk sapi perah, misalnya, harus bangun jam 03.00 untuk memerah susu, kalau tidak diperah maka sapinya akan merasa sakit. Apalagi waktu penjualan susu segar itu berlangsung pada waktu pagi hari.

Pada 2014, kata Muladno, populasi sapi perah di Indonesia terdapat sekitar 483.000 ekor. Indonesia mempunyai tantangan untuk memenuhi kebutuhan susu Nasional, karena sekitar 73% kebutuhan susu diimpor, salah satunya dari New Zealand yang spesialis sapi perah. “Kita harus banyak belajar dari New Zealand,” kata Muladno.

Source : http://www.berkonten.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar